Selasa, 07 Januari 2020

Memahami RGB


Merupakan kependekan dari Red Green Blue. RGB merujuk terhadap tiga rona cahaya yang bisa digabung bersama dengan untuk menciptakan warna yang berbeda. Menggabungkan lampu merah, hijau, dan biru adalah metode standar untuk menghasilkan gambar berwarna di layar, seperti TV, monitor komputer, dan layar ponsel cerdas.

Model warna RGB ialah style tambahan. Ketika 100% dari tiap-tiap warna dicampur bersama, itu menciptakan sinar putih. Ketika 0% berasal dari tiap-tiap warna digabungkan, tidak tersedia sinar yang dihasilkan, menghasilkan hitam. Kadang-kadang kontras dibanding dengan CMYK (cyan, magenta, yellow, dan black), palet warna standar yang digunakan guna menghasilkan gambar yang dicetak. CMYK ialah tipe warna kurang sebab warnanya jadi lebih gelap saat digabungkan. Memadukan 100% tiap tiap warna dalam tipe warna CMYK menghasilkan warna hitam, tetapi 0% berasal dari tiap tiap warna membuahkan warna putih.

Jumlah warna yang didukung oleh RGB bergantung pada seberapa banyak nilai yang bisa digunakan untuk merah, hijau, dan biru. Ini diketahui sebagai kedalaman warna dan diukur di dalam bit. Kedalaman warna yang paling umum ialah warna 24-bit, juga dikenal sebagai warna sejati. Ini menopang delapan bit untuk masing-masing berasal dari tiga warna, atau keseluruhan 24 bit. Ini menambahkan 2 pangkat 8, atau 256 nilai yang bisa saja untuk merah, hijau, dan biru. 256 x 256 x 256 = 16.777.216 total kombinasi warna dalam palet true color.

Pada saat menunjukkan gambar berwarna terhadap layar, setiap piksel mempunyai nilai RGB tertentu. Dalam warna 24-bit, nilai ini antara 0 dan 255, di mana 0 tidak berwarna dan 255 saturasi penuh. Pixel ungu akan mempunyai banyak warna merah serta biru, tapi sedikit atau lebih-lebih tidak tersedia warnah hijau. Misalnya, nilai RGB selanjutnya bisa digunakan untuk menyebabkan ungu: R: 132, G: 17, B: 170.

Karena tiap-tiap warna miliki 256 nilai yang dimungkinkan, ia juga bisa direpresentasikan pakai dua nilai heksadesimal (16 x 16). Cara standar untuk menampilkan nilai RGB ialah dengan memanfaatkan angka heksadesimal untuk merah, hijau, dan biru, didahului dengan simbol angka, atau tagar. Oleh sebab itu, warna ungu di atas didefinisikan dalam RGB sebagai #8411AA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar